Lokasi Diving Di Makassar




Makassar  merupakan kota metropolitan yang jugu ibukota dari Propinsi Sulawesi Selatan. Makassar terletak pesisir barat daya  pulau Sulawasi dan berhadapan dengan selat Makassar. Disepanjang pesisir tersebut, terdapat hamparan pulau-pulau yang membetang dari Kabupaten Takalar sampai Mamuju Prop. Sulawesi Barat. Gugusan pulau ini, dinamakan  spermonde  yang jumlahnya terdiri dari 121 pulau. Adapun beberapa pulau yang sering di jadikan lokasi penyelaman yang dapat di akses dari makassar adalah :

1. Pulau kapoposang




Wall kapoposang
Secara administrasi pulau Kapoposang berada dalam wilayah Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.  Merupakan pulau berpenduduk dengan jarak 68.6 km dan dapat di ditempuh 2 jam lamanya mengunakan speed boad  bermesin 200 PK  dari kota Makassar.  Dengan keindahan terumbu karangnya, pemerintah pusat telah menetapkan wilayah ini sebagai Kawasan Taman Wisata Alam Laut (TWAL) di bawah pengelolaan BKSDA Provinsi Sulawesi Selatan.  Topografi terumbu berupa drop off di sisi utara dan barat pulau sedangkan pada bagian timur dan selatan berbentuk reef slope yang landai.  Terdapat beberapa situs penyelaman  di pulau tersebut seperti  Shark point, Cave point, Marjono Point, Nakano Point, Tanjung point, Turtle Point, Akuarium point, dan Januar point.

2. Pulau Samalona



     Merupakan pulau berpenghuni yang  berjarak 6,8 kilo meter dari kota Makassar dan dapat ditempuh 15 menit mengunakan perahu penyebrangan bermesin 40 PK . Lokasi penyelaman di pulau ini terletak di sisi barat, utara, dan selatan pulau. Bentuk topografi berupa reef flat dengan kondisi terumbu yang relatif masih bagus. Berbagai jenis biota yang dapat di jumpai seperti anemone fish , cheek-spot cardinalfish, schooling snapperscrocodile fish,  lion fishesnuddubranc, pipefish, yellow book fish, Schooling yellowtail barracuda (sphyraenaflavicauda) dan berbagai jenis ikan gobies. Terkadang  penyu juga masih dapat dijumpai. Di malam hari, hewan-hewan nocturnal seperti   gerombolan rabitfishes (siganidae), puffer fish yang berukuran besar, octopus, cuttle fish, left-eyed flunders, ikan-ikan kakatua yang sedang tidur di celah-celah karang.

3. Pulau Kodingareng keke




      Merupakan pulau yang tidak berpenghuni yang berjarak 13, 6 km dari kota Makassar. Pulau ini mempunyai pasir putih yang begitu indah sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pulau tersebut. Lokasi penyelaman di pulau ini terletak di sisi barat pulau. Ada tiga titik penyelaman disini yaitu  spageti coral, karang dalam, dan taman anemon dengan topografi reef flat hingga kedalaman 30 meter. Kondisi terumbu karang relatif masih bagus yang berada di kedalaman 1-7 meter. Berbagai jenis biota yang dapat di jumpai adalah berbagai jenis nudibaranc, ikan-ikan yang hidup di terumbu karang, dan kadang-kadang eagle rays, black spoted sting rays. Selain itu, terdapat spot yang dapat dijumpai ikan enemon dalam jumlah banyak.

4. Pulau barrang caddi

Pulau Barrang caddi

Underwater Barrang caddi

Pulau barrang caddi merupakan pulau berpenghuni yang dapat ditempuh 30 menit dari kota Makassar. Bentuk topografi berupa reef flat dan kondisi terumbu karang yang masih bagus.  Lokasi penyelaman di pulau ini terletak dibagian selatan dan utara pulau. dibagian selatan pulau terdapat karang yang terpisah dari karang utama yang membentuk barrier dikedalaman 10-20 meter. Keunikan tersendiri melakukan penyelaman disini adalah bentuk terumbu karangnya yang berbentuk seperti pohon pandan sehinggi biasa disebut “batu pandan”. Dibagian utara pulau beraneka ragam jenis terumbu karang dan batu-batu karang besar dan berbagai jenis softcoral, sponge, seafans serta substrat pasir yang datar sampai kedalaman 20 meter merupakan cirri khas tersendiri. Biota yang dapat dijumpai adalah schooling baracuda,schooling golden travely, berbagai jenis ikan damsel,  anemone fishes, flat wroms atau nuddi branc, stonefish, crocodile fish, goby, lionfish dan penyu .

5.    Pulau Barrang lompo






Barrang lompo dapat di  tempuh 40 menit dari kota Makassar dan merupakan pulau berpenghuni yang  penduduknya cukup padat. Bentuk topografi berupa reef  flat sampai kedalaman 30 meter dengan kondisi terumbu karang yang masih bagus di sisi barat dan selatan pulau. Lokasi penyelaman berada dibagian barat dan selatan pulau.  dibagian barat dan selatan  pulau  terdapat beraneka ragam jenis terumbu karang seperti ,karang jenis acropora, coral tabulate yang berukuran besar dapat ditamukan mulaidarikedalaman 1-15 meter. Selain itu terdapat karang yang terpisah dari karang utama yang membentuk barrier  hingga kedalaman 30 meter merupakan tantangan tersendiri bagi para penyelam. jenis biota yang dapat ditemukan adalah shark jenis white tips, berbagai jenis damsel fish, bamhead fish, sweetplest, dan groupers.

6.       Pulau badi

Underwater badi
Secara administrasi Pulau badi berada dalam wilayah kabupaten pangkep.  Pulau berpenghuni ini dapat di tempuh kurang lebih 1 jam dari kota Makassar.  Lokasi penyelaman berada di bagian barat, selatan dan utara pulau. dibagian barat pulau terdapat  beraneka regam jenis biota laut yang dapat ditemukan  hingga  kedalaman 30 meter.  Daya tarik tersendiri melakukan penyalaman di sini adalah komposisi jenis biota laut yang beraneka ragam jenisnya, selain itu kontur kedalaman yang berupa reef flat yang curam karang hingga kedalaman 30 meter. Beraneka ragam jenis terumbu karang, sea fans, soft coral, yang berukuran besar masih dapat ditemukan. Selain itu bongkahan-bongkahan karang massive yang berbentuk gua-gua karang kecil menjadi daya tarik tersendiri. Kondisi terumbu karang yang masih bagus menjadikan pulau ini sebagai  daerah konservasi. dibagian selatan pulau terdapat karang transplant yang mengunakan energy listrik (bio rock) untuk mempercepat proses pertumbuhan karang. Biota-biota yang dapat ditemukan adalah shark jenis white tips, shrimp fishes dalam jumlah banyak, snapper, schooling traveling jack, barracuda, ox-eyed  scad (seler boops), eagle rays, bat fishes, moray eel, cuttle fish, mantis shrims, berbagai jenis nuddibranc.